SELAMAT DATANG DI WEB DANA PENSIUN BANK MANDIRI EMPAT ----- Mengelola, Melayani, Hari Tua Sejahtera ----- Gedung Dana Graha Lt. Dasar Jl. Gondangdia Kecil No.12-14 Jakarta 10330

Jumat, 19 September 2014

MENINGKATKAN PERFORMANCE KARYAWAN

BEBERAPA CARA MENINGKATKAN PERFORMANCE KARYAWAN YANG DI LAKUKAN OLEH DPBME
1. Memberikan dukungan atau dorongan kepada karyawan untuk berkembang
  • Memberi kesempatan kepada karyawan untuk melakukan pekerjaan yang berbeda
  • Mengembangkan potensi diri
  • Tumbuh dan berkembang.
  • Memberi motivasi kepada karyawan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sesuai pekerjaan
2. Membuat standart kerja yang jelas
  • Memudahkan mengontrol kinerja atau performance karyawan
  • Dengan adanya standart yang jelas, karyawan akan berusaha mencapai standart tersebut dengan cara memperbaiki performance atau kinerja
3. Menetapkan area tanggung jawab dalam bekerja
  • Adanya tanggung jawab yang tinggi, memotivasi karyawan untuk meningkatkan performance agar tanggung jawabnya terselesaikan dengan baik
4. Mendorong karyawan untuk dapat mencapai standart kerja atau Performance yang baik
  • Menjadikan karyawan sebagai partner
  • Menghargai pendapat mereka atau mengajak mereka berkomunikasi
5. Membuat dokumen kesepakatan dengan karyawan
  • Dokumen berisi kesepakatan untuk mencapai standart
  • Digunakan untuk kontrol kinerja karyawan
6. Menentukan rangkaian atau urutan kegiatan
  • Menjadikan situasi kerja lebih sistematis
  • Karyawan tidak tumpang tindih dalam melakukan pekerjaan
7. Mengawasi dan mengikuti karyawan dalam melakukan pekerjaan
  • Mengetahui kebutuhan karyawan untuk mencapai standart
  • Menunjukkan kepedulian kepada karyawan sehingga mereka termotivasi untuk mencapai kesuksesan
8. Memperjelas tentang pemberian reward atau penghargaan
  • Mendorong karyawan untuk berperilaku lebih baik
  • Reward® faktor pendorong meningkatnya performance


Senin, 15 September 2014

DANA PENSIUN

Dana Pensiun adalah badan hukum yang mengelola dan menjalankan program yang menjanjikan manfaat pensiun.
Dana Pensiun terdiri dari:
  1. Dana Pensiun Pemberi Kerja, adalah Dana Pensiun yang dibentuk oleh orang atau badan yang mempekerjakan karyawan, selaku pendiri, untuk menyelenggarakan Program Pensiun Manfaat Pasti atau Program Pensiun Iuran Pasti, bagi kepentingan sebagian atau seluruh karyawannya sebagai peserta, dan yang menimbulkan kewajiban terhadap Pemberi Kerja.
  2. Dana Pensiun Lembaga Keuangan, adalah Dana Pensiun yang dibentuk oleh bank atau perusahaan asuransi jiwa untuk menyelenggarakan Program Pensiun Iuran Pasti bagi perorangan, baik karyawan maupun pekerja mandiri yang terpisah dari Dana Pensiun pemberi kerja bagi karyawan bank atau perusahaan asuransi jiwa yang bersangkutan.
  3. Dana Pensiun Berdasarkan Keuntungan, adalah Dana Pensiun Pemberi Kerja yang menyelenggarakan Program Pensiun Iuran Pasti, dengan iuran hanya dari pemberi kerja yang didasarkan pada rumus yang dikaitkan dengan keuntungan pemberi kerja.

HUT ADPI Ke-29

Sedikitnya 30 regu dan perorangan dari Dana Pensiun yang menjadi anggota ADPI mengikuti lomba gerak jalan dalam rangka HUT ADPI Ke-29. Yang di mulai start halaman perkir Gedung Arthaloka di Jalan Let.Jen Soedirman, seluruh peserta lomba, baik putra maupun putri dan perorangan diwajibkan menyelesaikan rute tak kurang dari 9 kilometer mengelilingi bunderan HI.  rute yang harus ditempuh dimulai start di Jalan Let.Jen Soedirman mengelilingi bunderan HI dan brakhir finish kembali di Gedung Arthaloka.
Mengutamakan ketepatan waktu, lomba gerak jalan tersebut diharapkan juga mampu menanamkan semangat kedisiplinan dan sebagai sarana olahraga jantung sehat dalam diri masing-masing peserta. Sebagaimana diungkapkan salah seorang peserta yang mengikuti acara tersebut, sebelum melepas para peserta, bahwa lomba gerak jalan memiliki 3 prinsip utama yang harus di pahami. Ketiga prinsip tersebut adalah prinsip Kekompakan, prinsip kedisiplinan, dan prinsip Kesehatan.
Kekompakan menjadi syarat utama bagi peserta gerak jalan agar dalam pelaksanaan dari mulai start sampai dengan finish tetap utuh anggotanya jangan sampai terpisah dengan maksud untuk menumbuh kembangkan sifat kerjasamanya.
Selain prinsip kekompakan, prinsip disiplin juga tak kalah penting, karena adanya tuntutan ketepatan waktu yang telah di tetapkan oleh panitia, maka menuntut kedisiplinan peserta dalam memenuhinya. Hal itu juga diharapkan menular dalam aktivitas sehari-hari di unit kerja masing-masing. Imbas positifnya, produktivitas kinerja di lingkup Dana Pensiun akan semakin meningkat. Satu prinsip lain yang tak kalah penting juga kesehatan semangat mensana en corporesano, atau dalam badan yang sehat terdapat jiwa yang sehat. Kesehatan, baik fisik maupun mental tersebut diyakini oleh panitia penyelenggara akan memberikan pengaruh positif bagi semangat kerja di kalangan pegawai.

Antusias peserta lomba gerak jalan, untuk mengikuti dikarenakan ada acara panggung gembira dan grup tek-tek kentongan dari sokawera baturaden jawa tengah dengan penampilan sang badut sangat menarik perhatian penonton  dan pembagian door price

Tampak keberuntungan dari peserta Dana Pensiun Bank Mandiri Empat yang mengikuti hingga selesai acara mendapatkan door price kipas angin dan hadiah hiburan lainnya.    sjw

Selasa, 09 September 2014

Dewan Pengawas Periode 2 Nopember 2012 s/d 2015


Herry Rukmana
Dewan Pengawas Periode 2 Nopember 2012 s/d 2015
Assalamualaikum Wr. Wb
Salam sejahtera bagi kita semua. Tugas sebagai Dewan Pengawas yang diamanatkan kepada kami oleh Pendiri adalah pengawasan terhadap operasional Dana Pensiun Bank Mandiri Empat, oleh karena itu beberapa aspek yang menjadi fokus adalah pengawasan didalam pengelolaan keuangan Dana Pensiun. Untuk pelaksanaan pemantauan tersebut diperlukan data-data performance setiap tahun. Melihat kondisi ekonomi sekarang ini, kami mengharapkan kepada Pengurus dapat membuat suatu perencanaan proyeksi keuangan 3 tahun kedepan dengan 3 skenario yang menggambarkan proyeksi keuangan dengan performance moderat, pesimis dan optimis. Sehingga dari gambaran 3 skenario dengan data-data tersebut diharapkan dapat dilakukan pengelolaan keuangan dengan lebih optimal karena akan mudah dalam mengantisipasi kejadian/kondisi yang tidak diinginkan diantaranya kapan harus mulai menjual aset Tanah & Bangunan atau Penempatan Langsung pada Saham, mengingat Dana Pensiun Bank Mandiri Empat adalah Dana Pensiun yang sudah tidak menerima iuran dari Pemberi Kerja dan Peserta.

Dengan mempelajari data maturity profile dari peserta pensiun, dapat diketahui jumlah peserta yang akan jatuh tempo dan likuiditas yang harus disediakan Dana Pensiun untuk membayar Manfaat Pensiun.

Dengan adanya rencana penjualan yang lebih awal untuk aset likuid berupa Tanah & Bangunan dan Penempatan Langsung pada Saham tadi, diharapkan dapat dilakukan pengembangan pada investasi yang dapat memberikan hasil yang optimal, sehingga kebutuhan dana untuk membayarkan kewajiban Manfaat Pensiun baik kepada peserta pensiunan maupun peserta pensiun tunda yang akan jatuh waktu dimasa mendatang dapat terpenuhi oleh Dana Pensiun Bank Mandiri Empat.

Dari gambaran dan proyeksi kedepan diharapkan akan memberikan kemudahan dalam melakukan eksekusi atas inisiatif strategis yang sudah dibuat.

Selanjutnya Operasional Dewan Pengawas untuk pengawasan akan dibantu oleh Anggota Dewan Pengawas yang akan melakukan koordinasi pengawasan bersama Pengurus.

Demikian kami sampaikan, terima kasih atas perhatiannya.

Wassallamualaikum. Wr. Wb.

PENGHARGAAN DI RAIH OLEH DPBME TAHUN 2012



Ka t e g o r i Dana Pens iun PPMP Kine r j a Te rba i k
Pe r t ama Th. 2012 Ka t e g o r i To t a l Akt i v a Be r s i h
Lebih Dari Rp. 500 Mi l y a r - R p . 1 Trilyun
Kegiatan HUT ADPI (Asosiasi Dana Pensiun Indonesia) Ke 28 Tahun 2013 diadakan pada tanggal 13 Desember 2013 dengan tema “Tumbuh Bersama Meraih Prestasi” dan bersamaan dalam acara ADPI Award.
Dana Pensiun Bank Mandiri Empat untuk operasional tahun 2012 memperoleh Penghargaan Terbaik I untuk kategori “Dana Pensiun dengan Total Aktiva Bersih Rp. 500 Milyar - Rp. 1 Trilyun”
Penghargaan diberikan oleh komisioner OJK Firdaus Jaelani Kepada DPBME diterima oleh Direktur Utama DPBME Chairul Budirianto.
Malam Penghargaan ADPI Award dihadiri oleh pejabat OJK, Dewan pimpinan ADPI beserta Dewan Penasehat, Staf Ahli dan Pendiri Dana Pensiun Bank Mandiri Ogi Prastomiyono dan 230 perwakilan dari anggota ADPI.